Gaya Hidup

Hari Kucing Sedunia – Kucing Sahabat Trader  

Apakah kucing berdampak nyata buat kesuksesan trading Anda?

Ada yang bilang, kucing adalah pemilik dunia ini dan kita hidup di dalamnya. Hari Kucing Sedunia (8 Agustus) baru saja tiba, mari kita amati bagaimana teman kecil berbulu menemani kita saat trading. Hari Kucing Internasional dimulai pada tahun 2002 untuk menumbuhkan kepedulian terhadap pemeliharaan dan perlakuan pada si meong.

Ada yang mengklaim kalau anjing adalah sahabat terbaik manusia, tetapi banyak trader yang tidak setuju. Sebagai trader, kita sudah biasa bila si meong ikut memencet keyboard saat kita sedang mengerjakan sebuah transaksi besar berikutnya. Dan mengapa tidak? Kita memelototi layar tanpa berkedip sehingga teman kita ingin tahu ada apa di situ. Mungkin mereka penasaran, mengapa kita lebih tertarik dengan layar kita daripada mereka.

cat-3695040_1920
Sebentar. Kayaknya harga mau turun lagi tuh. – Image by Aleksandar Cvetanović from Pixabay

Pada sisi konspirasional, kucing kita mungkin sedang mencoba memperingatkan atau menyemangati kita dalam hal keputusan trading. Ini kedengarannya tidak masuk akal, tetapi ada banyak jiwa binatang dalam trading, misalnya banteng (bulls), beruang (bears), ayam jantan, belalang, babi, dll. Pernahkah Anda mendengar tentang jiwa trading kucing? Pasti belum. Para kucing tidak akan membocorkannya.  

Pantulan Kucing Mati (Dead Cat Bounce)

Sayangnya, kita memang punya istilah “pantulan kucing mati (dead cat bounce)” di pasar. Namun ada baiknya kita jangan terlalu serius membahas istilah ini di Hari Kucing Sedunia. Sebaliknya, berikut adalah beberapa kisah dari para trader dan kucing mereka.

cat-1044914_1920-ot
Kucing Mati Mantul? Ngga lucu ah. – Image by Dariusz Sankowski from Pixabay

Pebbles Membuka Posisi

Sam adalah seorang trader penuh waktu di Forex. Ia membuka lusinan posisi setiap hari untuk mendapat pengembalian dan profit dalam waktu singkat. Sam bercerita, suatu hari Pebbles, si meong, berjalan di atas keyboardnya waktu ia membuat teh di dapur.

cat-244060_1920-ot
Kan aku udah bilang kemarin jual Emas aja! Kamu baca berita pagi ngga sih? – Image by acebrand from Pixabay

Waktu Sam kembali, Pebbles sudah membuka posisi sebesar 5000 dolar pada USD/JPY secara tanpa sengaja. Awalnya, Sam merisaukan posisi itu dan akan membatalkannya dan menganggap beban komisi sebagai kerugian. Namun sebelum ia membatalkannya, pasar tiba-tiba melesat naik dan bertahan selama 30 menit ke depan.

Sam menahan posisi itu dan 3 jam berikutnya ia berhasil membukukan hampir 30% profit dari posisi. Singkat cerita, Sam dan Pebbles menghabiskan sisa hari untuk beristirahat. Mereka hanya bermain seharian di sekitar rumah. Sam bilang, Pebbles mendapat mainan dan kalung baru sebagai komisi.

cat-445398_1920
Jim, kalo lo trading kaya gitu lagi, kita berdua jadi gelandangan lagi dah. – Image by DigitalLove from Pixabay

Dengkuran Support and Resistance

Isabella bekerja penuh waktu di malam hari, tetapi menggunakan beberapa jam dalam satu hari untuk mengembangkan trading portofolio investasinya di forex. Ia mengatakan bahwa kucingnya, Snowball, bisa membaca suasana hatinya dengan baik ketika ia khawatir sebuah posisi akan berbalik arah atau saat ia serius mengamati grafik.  

Isabella bercerita bahwa Snowball sering duduk dan mengamati layar bersamanya, seolah-olah ia sedang memikirkan analisanya. Ia menjadi lebih penasaran ketika titik pada layar pasar mulai sering naik turun.

cat-3635298_1920-ot
Kamu bilang OPEC mau kurangi produksi minyak? – Image by Rudy and Peter Skitterians from Pixabay

Menurut Isabella, Snowball juga tahu ketika peristiwa pasar membuat ia merasa tertekan. Ia akan melompat turun dari meja untuk menggesekkan tubuhnya ke kakinya untuk menenangkan dirinya. Ia mengatakan bahwa Snowball adalah pendukung tanpa suara yang membantunya menyeimbangkan antara pekerjaan, trading, dan kehidupan secara umum.

cat-963931_1920-ot
Kita perlu ngobrol tentang strategi forex kamu. – Image by Gerhild Klinkow from Pixabay 

Related posts

WordPress Theme built by Shufflehound.
© 2014 - 2019 Olymp Trade. All Rights Reserved.